BOOKING TIKET PESAWAT

Nusantara

Nusantara. Info sangat penting tentang Nusantara. Mengungkap fakta-fakta istimewa mengenai Nusantara

Nusantara. Prokimal Kotabumi Lampung Utara. Segala upaya dilakukan berbagai pihak untuk menguasai kekayaan Nusantara. Hingga suatu saat beredar rumor yang menyatakan adanya suatu kebijaksanaan dan kekuataan yang sangat tua. Mereka yang dapat menguasai kekuatan itu akan pula menguasai seantero Nusantara. "Cerita itu berdasarkan satu serat kuno Dewa Ruci," kata Rama. Jadi, karakter dalam permainan ini, "Akan melakoni cerita Dewa Ruci," ia menambahkan. Mulai dari bukan siapa-siapa hingga mumpuni dengan sejumlah keahlian.

Untuk memainkan Nusol, sang pemain tentu mesti mendaftarkan diri dulu di situs yang telah disediakan. Kemudian ada sejumlah karakter laki-laki atau perempuan yang dapat dipilih. Misalnya, ada Pradhabasu (Makadga, ahli pedang), RaTanca (Janggan, ahli pengobatan), Panji Saprang (Mamanah, ahli panah), dan BangoLumayang (Astadipati, telik sandi). "Semua bisa dipilih dan diubah sesuai dengan keinginan masing-masing," ujar Rama.

Pada awal permainan, gamer akan menjalankan karakter yang masih memiliki kesaktian sedikit. Kemampuannya akan berkembang sesuai dengan jalan cerita yang ditentukan. Dalam Nusol, para pemain diajak berpetualang. Di sinilah kemudian disisipkan pula suatu hikayat. "Para Nusol harus mengikuti hikayat," kata Rama. Pada episode perdana, dicantumkan hikayat Timun Mas dan Joko Kendil. "Di sini pemain ditantang bagaimana caranya dia bisa membantu dan menyelamatkan Timun Mas," katanya.

Dalam berkelana itu, tentu saja ada musuh yang menghadang. Musuh ini dinamakan "Seteru". Tak tanggung-tanggung, ada 10 musuh yang akan mengganggu di perjalanan. Dari genderuwo, setan usus, jerangkong, hingga buaya putih. Setiap perjalanan akan menuntun player ke daerah baru dan tugas baru.

Tak hanya musuh, para pemain Nusol juga akan bertemu dengan Abistya atau mereka yang bukan musuh. Mereka ini, dalam daftar misalnya, ada kepala desa, pandai besi, dan pemburu.

Dalam pengembangan upaya ke masa depan, disisipkan pula ensiklopedia Nusantara. Ini diperlukan, misalnya, ketika gamer sedang berpetualang di suatu tempat dan menemukan situs budaya, ia tinggal klik ikon ensiklopedia dan dapat mengunduh informasi yang ada.

Lalu, petualang seperti apa yang akhirnya dapat menguasai Nusantara?

"Wah, nggak ada, ha, ha, ha.... Game ini open-ended, nggak ada kata akhirnya," kata Rama.


BOOKING TIKET PESAWAT
Powered By : Blogger