BOOKING TIKET PESAWAT

Memperbaiki mobil

Memperbaiki mobil. Info sangat penting tentang Memperbaiki mobil. Mengungkap fakta-fakta istimewa mengenai Memperbaiki mobil

Kali ini benar-benar full time, satu hari penuh. Sekarang yang menjadi obyek swadaya kami adalah mobil operasional di seksi Marine, unit kerja kami. Sudah lebih dari satu minggu mobil itu tidak lagi melaju dengan kekuatan penuh. Itu karena kanvas roda gigi pemutar as penghubung mesin dan keempat roda penggeraknya sudah aus. Untuk melewati gundukan polisi tidur saja sudah tidak mampu, apalagi untuk mengikuti lomba balap mobil Formula 1.

Biasanya kami menyerahkan masalah itu pada bagian bengkel perusahaan yang bernaung dibawah departemen maintenance. Berhubung semua mekanik di bengkel itu dikerahkan untuk membantu pelaksanaan turn around di kilang methanol kami, mereka jadi belum punya waktu untuk membantu kami dalam memperbaiki mobil operasional kami itu. Wah…, kalau dibiarkan terus, bisa-bisa crew Marine harus jalan kaki untuk melakukan kegiatan kerja di lapangan. Kalau cuma bawa diri sendiri sih tidak apa. Tapi kalau sambil membawa peralatan yang lumayan berat itu, kan bisa klenger.

Setelah mengambil inisiatif melalui perundingan meja bundar, akhirnya kami memutuskan untuk meminta bantuan beberapa awak kapal bagian mesin. Meskipun mesin kapal tidak sama dengan mesin mobil, toh cara kerjanya kurang lebih sama. Lagi pula mereka menyanggupi untuk melakukan perbaikan pada mobil operasional kami itu. Dengan semangat untuk kepentingan bersama, kata mereka. Mungkin karena mobil itu memang sering digunakan secara bergantian untuk kegiatan kerja. Dan kami pun segera memilih orang-orangnya. Cukup 3 orang saja. Ada pak Recky, pak Thaib, dan pak Lauren. Mereka bertiga kebetulan juga para perwiran mesin di kapalnya masing-masing. Dan biasa dipanggil dengan sebutan "Bas". Jadi lebih lengkapnya, panggilan untuk mereka bertiga itu begini ; Bas Recky, Bas Thaib, dan Bas Lauren. Untuk Bas Lauren, sejak dulu lebih akrab dipanggil dengan sebutan Bas Oyen. Saya kurang tahu sejarahnya bagaimana dia bisa dipanggil seperti itu. Selain mereka bertiga, Lubis kemudian ikut ambil bagian juga untuk membantu. Yang satu ini salah seorang anggota crew mooring.

Perbaikan mobil dimulai sejak pukul 9 pagi. Seperti biasa, semua peralatan yang diperlukan sudah kami sediakan, meskipun tidak selengkap peralatan yang ada pada bengkel perusahaan. Untuk membuat bagian bawah mobil menjadi lebih tinggi, kami terpaksa memanfaatkan tumpukan fender yang berada disamping kantor. Sudah lumayan ruang yang tersedia dibawah mobil untuk mereka bertiga. Setelah berada posisi yang diinginkan, rem tangan segera dikunci dan keempat roda mobil diberi ganjal. Perbaikan pun segera dilaksanakan. Kami yang bukan mekanik ini memberikan bantuan sebisanya. Misalnya mereka minta kunci ring nomor 17, ya dikasih kunci ring nomor 17. Kalau dikasih obeng, jelas ndak nyambung. Nah…, berhubung saya ini seorang blogger juga, terpaksa saya melakukan aksi ceprat-cepret disela proses perbaikan mobil itu. Blogger itu kalau sudah di lapangan kerjanya ya cuma motrat-motret aja, kan.

Untuk mengganti kanvas itu, ternyata banyak juga bagian mekanis mbil yang harus dibongkar. Misalnya as penghubung mesin dengan roda, starter, tali kopling, dan saya tidak tahu lagi benda-benda yang lainnya. Maklum, belum pernah punya mobil sih. Membongkar dan memasangnya juga memerlukan waktu yang lumayan lama. Saya yang hanya melihat-lihat saja jadi merasa capek. Tapi mereka koq tetap serius melakukan itu selama berjam-jam ya. Mungkin karena memang sudah hobby di bagian mesin ya. Bayangkan saja, dari pagi sampai sore yang dilihat cuma bagian bawah mobil. Kalau lihat cewek cantik sih pasti ndak bosan. Wekekekeke….

Berbeda dengan hasil swadaya eksperimen warna, swadaya kali ini berhasil dengan baik. Pasti karena yang menanganinya memang orang-orang yang menguasai bidang ini. Setelah semuanya selesai, kami menguji mobil itu dengan mengendarainya mengelilingi dermaga. Siip deh, mobil sudah kembali memiliki kekuatan seperti semula. Siap untuk melakukan kegiatan operasional di seksi Marine. Untuk merayakan keberhasilan itu, kami makan gado-gado gratis bersama-sama. Yang traktir pak Tjiptono, atasan kami. Dan sebagai tambahan, ilustrasi ketiga pada posting ini, itu fotonya si Tomy, kepala kamar mesin di tug boat Sukabakti. Dia ikut membantu sebentar lalu minta dipotret dan minta fotonya ikut dipublikasikan di blog ini. Heran, biasanya yang narsis itu yang punya blog. Ini koq malah orang lain. Hehehehehe….


Pulau Bunyu Kalimantan Timur
download mp3 gratis, free download mp3
Everything about Cartoon World
Want to know the snake? Coming in here
mp3 lagu, mp3 musik, mp3 gratis, gratis mp3 lagu, download mp3
Dermaga2
dermaga3
dermaga4
NETWORK01
NETWORK02
NETWORK03
NETWORK04
NETWORK05
NETWORK06
NETWORK07
NETWORK08
NETWORK09
NETWORK10
NETWORK11
NETWORK12
NETWORK13
NETWORK14
NETWORK15
NETWORK16
NETWORK17
NETWORK18
NETWORK19
NETWORK20
NETWORK21
NETWORK22
NETWORK23
NETWORK24
NETWORK25
AREA01
AREA02
AREA03
AREA04
AREA05
AREA06
AREA07
AREA08
AREA09
AREA10
AREA11
AREA12
AREA13
AREA14
AREA15
AREA16
AREA17
AREA18
AREA19
AREA20
Voucher Elektronik


BOOKING TIKET PESAWAT
Powered By : Blogger